Aneka Karya Kerajinan Tangan di Peara


Oleh: Romlah Thawilah


Pesantren Alam Raya (Peara) merupakan wadah bagi siapa saja yang ingin mengembangkan berbagai potensi dan bakat sebagai jalan pengabdian hidup. Salah satu kegiatan pengembangan pontensi dan bakat yang dilakukan adalah membuat beragam karya kerajinan tangan. Hal ini sangat mungkin dikembangkan, apalagi Peara berada dalam kawasan pesisir yang di dalamnya banyak terdapak aneka kekayaan alam semesta yang sejak dulu kurang mendapat apresiasi serius dari masyarakat

Walaupun diakui, inisiatif ini berawal dari cita-cita sederhana untuk memanfaatkan alam sebagai karya seni, tanpa dibarengi oleh bekal manajerial dan sumber daya yang maksimal, akan tetapi semua itu harus dihadapi dengan keyakinan dan kesungguhan untuk tetap belajar dan berkarya. Semoga apa yang kami lakukan akan menjadi awal yang baik, untuk berbagi manfaat bersama masyarakat dan siapa tahu, kami dapat membangun industry kerajinan tangan yang bisa diekspor ke berbagai tempat, dan dapat membantu perekonomian rakyat bawah. 

Saya akan memperkenalkan beberapa hasil awal dari kegiatan pembuatan kerajinan tangan di Peara, yang saya pandu sendiri dan dibantu oleh teman-teman, meskipun masih sangat sederhana. Di antaranya adalah : 

1. Bunga-bungaan





Bunga-bunga ini terlihat begitu cantik dalam kesederhanaannya. Sedap dipandang mata dan akan menambah keindahan suasana rumah, kantor, restoran, dan tempat dan ruangan lain yang memerlukan nuansan keasrian.






2. Kotak Kado





Kotak-kotak ini dapat dijadikan sebagai bungkusan kado, dengan motif batik yang keren, cocok juga bila digunakan sebagai tempat atau wadah barang-barang tertentu.






3. Gantungan Kunci





Selain sebagai gantungan kunci, sebagian dari kreasi gantungan ini bisa juga dijadikan sebagai hiasan di mobil, kamar, lemari, pintu atau tempat lain yang dirasa cocok.






Nah, semua pembaca yang budiman, selanjutnya kami sangat menantikan saran dan nasehat demi kemajuan industri kerajinan di Peara. Ini baru permulaan, kami akan berusaha keras dengan iringan doa dan dukungan dari semua pihak, untuk menciptakan aneka ragam karya kerajinan tangan yang lebih menarik. Bagi siapa saja yang berminat, hubungi kami melalui email : pesantren.alam.raya@gmail.com.







Previous
Next Post »
Thanks for your comment